website mobile friendly

Website Mobile Friendly atau website responsive, Google telah mengumumkan bahwa pada tanggal 21 April 2015 mereka membuat update besar untuk algoritma pencarian mobile di mesin pencarian mereka yang akan mengoptimalkan fungsi mobile sebagai sinyal yang menentukan peringkat website. hal ini akan menghasilkan lebih banyak website yang mobile friendly muncul di hasil pencarian menggunakan perangkat mobile phone ataupun tablet. Menurut Google, hal ini “akan memiliki dampak yang signifikan dalam hasil pencarian kami”. sangat jarang jika Google menegaskan unsur algoritma mereka berdampak pada hasil pencarian, jadi ini adalah masalah besar untuk website yang belum mobile friendly, Apakah situs Anda sudah website mobile friendly ?

Pengaruh Website Mobile Friendly Terhadap Traffic Website

Jika website Anda sudah mobile friendly atau yang dirancang untuk menjadi responsif pada semua perangkat mobile atau Anda memiliki website versi mobile, bisa terlihat peningkatan dalam traffic organik dari penelusuran seluler jika pesaing Anda tidak memiliki website yang mobile friendly. Jika situs tidak mobile friendly, Anda bisa melihat penurunan lalu lintas organik dari penelusuran seluler jika pesaing Anda memiliki situs yang mobile friendly.

Uji Coba Website Mobile Friendly

Google telah menciptakan panduan untuk situs web yang mobile friendly, yang termasuk yang mudah tes mobile friendly di mana Anda cukup memasukkan nama domain dan akan menjelajah situs Anda untuk melihat apakah website anda sudah mobile friendly. informasi yang ditampilkan akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Google melihat halaman website Anda, dan menginformasikan apakah itu website mobile friendly atau tidak. Jika tidak, akan memberikan alasan mengapa.

tes mobile friendly

Masalah mobile friendly yang umum biasanya adalah sebagai berikut :

  • Teks terlalu kecil untuk dibaca
  • Link terlalu dekat
  • Ponsel viewport tidak diatur
  • Menggunakan plugin yang tidak kompatibel
  • sumber daya yang diblokir

Google juga menyediakan Google Mobile Usability di Google webmaster tools yang akan menunjukkan halaman di situs Anda yang memiliki masalah untuk mobile friendly, dan kesalahan spesifik untuk setiap halaman lainnya.

mobile usability tool

Mengapa Harus Website Mobile Friendly

Traffic, Semakin banyak orang yang menggunakan ponsel dan tablet mereka untuk mengakses internet, dan jumlah pencarian pada tahun 2015 yang dilakukan menggunakan perangkat mobilejauh lebih besar jika dibandingkan pengguna pada desktop, terutama untuk hasil lokal. Akibatnya, semakin banyak lalu lintas ke situs Anda akan datang dari ponsel. Kami telah melihat peningkatan dalam lalu lintas seluler setelah situs mereka dibuat mobile friendly atau website yang responsif.

Pengalaman Pengguna, ketika Anda mengunjungi situs yang tidak mobile friendly. Anda harus memperluas area pandang karena teks yang terlalu kecil, tarik layar kiri dan kanan hal ini tentu saja tidak nyaman. Google sudah memberitahukan penelusur seluler jika sebuah situs yang mobile friendly atau tidak dalam hasil pencarian. Jika situs tersebut ramah seluler, mereka termasuk “mobile friendly” dalam hasil pencarian. Jika tidak, mereka termasuk merah “tidak mobile friendly”. Jangan biarkan pengunjung situs Anda pergi karena website yang tidak mobile friendly.

Konversi, sebaiknya membuat website mobile friendly atau website yang responsif terhadap semua perangkat, bukan menciptakan situs mobile yang terpisah. Manfaatnya adalah biaya yang lebih efektif karena tidak harus menjaga dan memperbarui dua versi yang berbeda.